Concept Of Species : Taxonomy, Botany

Googlepict
Unit dasar biologi dengan mekanisme hidup dan fungsi fisiologi yang sama serta mampu menghasilkan keturunan yang fertile adalah spesies. Tidak hanya sebatas pengertian tersebut spesies didefinisikan, tergantung dari siapa yang mengkonsep apa arti spesies bagi ahli biologi tersebut. Namun bisa dengan mudah kita definisikan bahwa spesies adalah makhluk hidup yang jika saling kawin-mengawini akan menghasilkan keturunan yang mampu menghasilkan dan meneruskan keturunan selanjutnya, dengan syarat memiliki fungsi susunan dan fisilogis yang sama.

Lain halnya dengan individu, adalah bagian kumpulan dari spesies yang memiliki fungsi fisiologi yang sama mampu menghasilkan keturunan yang fertile, namun berbeda pada tingkat genetiknya. Contohnya pada manusia, spesies Homo sapiens yang jika kawin-mengawini menghasilkan keturunan yang fertile dan keturunan tersebut dapat meneruskan lagi dengan saling kawin mengawini dan seterusnya. Dalam satu spesies Homo sapiens syarat untuk kawin adalah terdapat dua invidu yaitu jantan dan betina, yang jika terpenuhi akan mampu mengasilkan keturunan biologi, yang genetiknya dekat.

Populasi akan terbentuk dengan dasar ada kumpulan dari invidu sebagai penyusun spesies yang sejenis dengan persamaan-persmaannya melakukan aktivitas pada waktu dan tempat yang sama, mereka mampu saling kawin-mengawini dan menghasilkan keturunan, merupakan pengertian dari populasi biologi.

Misalnya pada kelompok manusia (Homo sapiens) yang menempati permukaan bumi, dengan ciri dan persamaannya, invidu satu dan yang lain dapat saling mengawini dan bertukar gen serta mampu pindah dari satu tempat ketempat yang lain, membentuk atau bergabung dengan populasi lainnya lagi, hidup dan kemudian mati bergulir seterusnya.
 
Googlepict
Biotipe adalah kelompok populasi yang memiliki ciri genotype atau gen yang sama, kelompok ini bisa hadir karena memiliki kesukaan atau kebutuhan yang sama, hingga mampu beradaptasi menjadi individu baru namun masih dalam ciri gen yang sama.

Contohnya pada hama wereng yang menjadi hama dipertanian, wereng beradaptasi dengan tanaman padi yang gennya telah disisipkan dengan gen tahan wereng, maka beberapa waktu kemudian timbullah wereng baru dengan modifikasi dari bentuk tubuhnya dari hasil beradaptasi dengan kultivar padi tersebut, karena kebutuhan dan kesukaanya pada padi, namun gen yang dimilikinya tetap sama seperti wereng sebelumnya, namun wereng yang baru ini tahan akan padi yang memiliki gen anti wereng. Bisa kita sebut bermula dari biotipe 0, lalu biotipe 1 hasil dari adaptasi pertama dan biotipe 2 setelah 2 kali beradaptasi dan seterusnya.

Lalu pada tumbuhan bisa kita contohkan dari perkembangbiakan secara vegetative, perbanyakan tanaman tanpa melalui perkawinan, dengan menggunakan metode cangkok atau stek, biasa terjadi pada tanaman buah yang dianggap unggul hingga diperbanyak dengan dua cara tersebut, hasil perbanyakannya memiliki sifat gen yang sama pada indukan awal, dan jika berbuah maka bentuk, ukuran, warna dan rasanya pun sama dengan indukannya, namun sudah pada individu baru.

Jika kita temukan dalam satu populasi jenis terdapat bentuk atau warna yang nampak berbeda jelas atau kita temukan juga variasi-variasi yang sangat berbeda dari tumbuhan lainnya dengan pola persebaran tertentu maka itu disebut forma. Misalnya pada tumbuhan Codiaeum variegatum, tumbuhan ini memiliki ciri yang sangat bervariasi mulai dari warna, bentuk, dan ukuran daunnya variasi-variasi ini sangat jelas terlihat dan mantap, namun ia masih tetap jenis Codiaeum variegatum.  


Varietas merupakan populasi dari beberapa biotipe, memiliki ciri morfologi yang jelas dan persebaran secara lokal yang terbatas, merupakan bagian dari takson yang berada satu tingkat di bawah jenis. Varietas marupakan ranah pekerjaan taksonomi, lain halnya dengan Cultivar yang biasa yang dikerjakan oleh orang pertanian, pada dasarnya cultivar berarti membudidayakan varietas. Yang ranahnya tidak masuk dalam kegiatan taksonomi, tumbuhan hasil cultivar memiliki aturan tatanama terendiri dalam nama ilmiah.
 
Googlepict

Komentar